salju

Senin, 11 November 2013

Biologi Sistem Peredaran Limfa (Getah Bening)


Sistem Peredaran Limfa ( Getah Bening)




Selain sistem peredaran darah, manusia juga mempunyai sistem peredaran getah bening (limfa) yang keduanya berperan dalam sistem transportasi.Sistem limfa berkaitan erat dengan sistem peredaran darah.Sistem limfa terdiri dari cairan limfa, pembuluh limfa, dan kelenjar limfa.
Limfa (bukan limpa) berasal dari plasma darah yang keluar dari sistem kardiovaskular ke dalam jaringan sekitarnya. Cairan ini kemudian dikumpulkan oleh sistem limfa melalui proses difusi ke dalam kelenjar limfa dan dikembalikan ke dalam sistem sirkulasi.
Limfe mirip dengan plasma tetapi dengan kadar protein yang lebih kecil. Kelenjar-kelenjar limfe menambahkan limfosit pada limfe sehingga jumlah sel itu sangat besar di dalam saluran limfe. Di dalam limfe tidak terdapat sel lain.
Limfe dalam salurannya digerakkan oleh kontraksi otot di sekitarnya dan dalam beberapa saluran limfe yang gerakannya besar itu dibantu oleh katup.
Cairan limfa mengandung sel-sel darah putih yang berfungsi mematikan kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Cairan ini keluar dari pembuluh darah dan mengisi ruang antarsel sehingga membasahi seluruh jaringan tubuh.Pembuluh limfa mempunyai banyak katup dan terdapat pada semua jaringan tubuh, kecuali pada sistem saraf pusat.

1.     Struktur Sistem Limfatik

Dasar struktur dan fungsi dari sistem limfatik dapat dipecah menjadi saluran getah bening. Kelenjar getah bening, getah bening dan organ lainnya. (1-4)

A.    Saluran getah bening

Ini adalah jaringan tabung atau kapal mirip pembuluh darah yang mencakup semua jaringan tubuh.
Limfatik saluran mendapatkan semakin kecil ketika mereka lulus di jauh organ dan jaringan.
Sebagai contoh, kapal pada awal lengan tebal. Cabang ke dalam tabung tipis yang semakin menjadi kurus dan kurus ketika mereka melakukan perjalanan ke jari-jari.
Di ujung jari kapal-kapal mungkin paling tipis dengan tempat-tempat di mana mereka mungkin hanya beberapa sel yang tebal. Ini disebut kapiler limfatik.
Dinding kapiler yang biasanya satu sel tebal. Ini membantu dalam gerakan kekebalan memproduksi sel yang disebut limfosit (jenis sel darah putih), dan racun, kuman dan bahan kimia untuk pindah ke kapiler getah bening bebas.
Arteri juga cabang juga di ujung organ-organ. Kapiler ini memberikan cairan jelas yang disebut plasma. Plasma ini menyinari jaringan dan memasuki saluran limfatik sebagai getah bening.
Getah bening saluran akhirnya mengalir pada sebuah kapal limfatik besar yang disebut saluran toraks di dada yang mengalir ke pembuluh darah.
Semua cairan disaring, garam, dan protein serta puing-puing sehingga berakhir dalam aliran darah.

 B.     Nodus limfa





Nodus limfa yang kecil kacang berbentuk kelenjar atau lampu yang cenderung terjadi di cluster seperti anggur.
Sepanjang getah bening saluran berada sekitar 600 kelenjar getah bening. Ini bertindak sebagai filter yang saringan dari zat-zat berbahaya yang dibawa oleh saluran limfatik.
Saluran limfatik jari, tangan dan lengan misalnya datang ke disaring pada nodus limfa yang terletak di siku dan lubang lengan.
Demikian pula, mereka kaki, kaki dan paha mengalir dan node di belakang lutut dan pangkal paha.
Getah bening saluran dari wajah, kepala dan kulit kepala mengalir pada node hadir di bagian belakang kepala, di belakang telinga dan sisi leher.
Beberapa nodus limfa terletak lebih dalam tubuh di dada (antara dua cuping paru-paru), sekitar kumparan usus, di pelvis dll.
Nodus limfa berisi 2 daerah mereka-ini termasuk korteks dan medula.
Korteks berisi koleksi limfosit. Ini berisi didominasi oleh beberapa T-limfosit dan limfosit B.
Limfosit b dewasa sepenuhnya dalam sumsum tulang sementara The T lymphocytes keluar dari sumsum tulang yang belum dewasa dan mencapai kematangan dalam Timus.
Kapal-kapal limfatik yang memasuki nodus limfa disebut afferent limfatik kapal dan mereka keluar disebut efferent limfatik kapal.

C.    Getah bening

Ini adalah jelas fluida yang bergerak melalui saluran limfatik. Ini berisi cairan, puing-puing, bahan kimia dan racun, bakteri, virus dan limfosit dalam perjalanan kembali dari jaringan.

D.    Organ-organ lain dan sistem limfatik


Sistem limfatik juga terdiri dari organ lainnya seperti limpa yang terletak pada bagian sisi kiri di atas perut.
Itu bertindak seperti penyaring besar untuk menghapus usang dan kerusakan sel-sel darah merah dari darah dan daur ulang mereka.
Limpa juga berisi limfosit b dan The T lymphocytes. Ketika darah melewati organ sel-sel ini mengambil infeksi.
Sistem limfatik juga berisi Timus yang terletak di belakang tulang dada.
Timus adalah pematangan situs untuk The T lymphocytes.
Amandel dan adenoids juga merupakan bagian dari sistem limfatik. Terletak di bagian belakang tenggorokan. Ini adalah Sentinel yang melindungi sistem pencernaan dan paru-paru dari bakteri dan virus.
  
Pada leher, ketiak, dan pangkal paha pembuluh limfa membentuk kelenjar limfa.

Kelenjar limfa berfungsi menyaring kuman, tempat pembinasaan kuman, dan tempat pembuatan sel darah putih. Bila tubuh terkena infeksi kuman, maka kelenjar limfa terdekat akan membengkak.



Kelenjar limfa berfungsi untuk menghasilkan sel darah putih dan menjaga agar tidak terjadi infeksi lebih lanjut.Kelenjar limfa terdapat di sepanjang pembuluh limfa, terutama terdapat pada pangkal paha, ketiak, dan leher. Alat tubuh yang mempunyai fungsi yang sama dengan kelenjar limfa yaitu limpa dan tonsil.
Limpa merupakan sebuah kelenjar yang terletak di belakang lambung dan berwarna ungu. Tonsil atau amandel terletak di bagian kanan dan kiri pangkal tenggorokan.Tonsil yang berada di belakang anak tekak yaitu di dalam rongga hidung disebut polip hidung.Fungsi tonsil adalah untuk mencegah infeksi yang masuk melalui hidung, mulut, dan tenggorokan.

 ü  limpha disebut juga getah bening,
ü  limpha merupakan cairan tubuh yang tak kalah penting dari darah.
ü  Ada beberapa perbedaan antara limfa dengan darah. Di antaranya dapat dijelaskan di bawah ini.
1.    Cairan limfa berwarna kuning keputih-putihan yang disebabkan karena adanya kandungan lemak dari usus.
2.    Jika darah tersusun dari banyak sel-sel darah, maka pada limfa hanya terdapat satu macam sel darah, yaitu limfosit, yang merupakan bagian dari sel darah putih.
3.      Limfosit inilah yang akan menyusun sistem imunitas pada tubuh, karena dapat menghasilkan antibodi.

v  Cairan limfa juga memiliki kandungan protein seperti pada plasma darah, namun pada limfa ini kandungan proteinnya lebih sedikit dan mengandung lemak yang dihasilkan oleh usus
v  Berbeda dengan pembuluh darah, pembuluh limfa ini memiliki katup yang lebih banyak dengan struktur seperti vena kecil dan bercabang-cabang halus dengan bagian ujung terbuka.
v  Dari bagian yang terbuka inilah cairan jaringan tubuh dapat masuk ke dalam pembuluh limfa.

2.     Fungsi Pembuluh Limfa

      1. Sebagai sistem pertahanan tubuh dengan menghancurkan kuman penyakit.
2. Mengangkut kembali cairan tubuh, cairan plasma darah, sel darah putih yang berada di luar pembuluh darah, dan mengangkut lemak dari usus ke dalam sistem peredaran darah.
3. Untuk membawa lemak yang sudah dibuat emulsi dari usus ke sirkulasi darah. Saluran limfe yang melaksanakan fungsi ini ialah saluran lakteal.
4. Kelenjar limfe menyaring dan menghancurkan mikroorganisme untuk menghindarkan penyebaran organism itu dari tempat masuknya ke dalam jaringan, ke bagian lain tubuh.
5. Apabila ada infeksi, kelenjar limfe menghasilkan zat anti (antibodi) untuk melindungi tubuh terhadap kelanjutan infeks

3.     Bagian – bagian pembuluh limfa utama


  1.     Duktus limfatikus dekster (pembuluh limfa kanan) Pembuluh ini terletak pada pembuluh balik di bawah tulang selangka kanan. Pembuluh limfe kanan merupakan tempat muara dari semua cairan limfe yang berasal dari kepala, leher, dada, paru-paru, jantung, dan lengan kanan.
  2.     Duktus toraksikus (pembuluh limfa dada) Pembuluh ini terletak pada pembuluh balik di bawah tulang selangka kiri. Pembuluh ini merupakan tempat muara pembuluh lemak dari usus. Pembuluh limfe ini juga mengumpulkan cairan limfe yang berasal dari bagian lain selain yang disebutkan di atas. Peredaran limfe dimulai dari seluruh tubuh dan berakhir di pembuluh balik. Pada tempat-tempat pertemuan pembuluh limfe terdapat kelenjar limfa. Kelenjar ini menghasilkan zat antibodi yang disebut limfosit, berfungsi untuk membasmi bibit penyakit. Kelenjar limfa yang terdapat dalam tubuh manusia, antara lain terdapat pada ketiak, leher, paha, lipatan siku, tonsil, amandel, adenoid.
         Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video berikut.








4 komentar:

Unknown mengatakan...

thanks yaa :)

Rusty mengatakan...

kok movie not loaded ya

Unknown mengatakan...

Iyaa, semoga bermanfaat

F!K@R0CK mengatakan...

template nya bagus !!!

Posting Komentar